Cara Mencapai Kebebasan Keuangan

Kebebasan finansial adalah kemampuan untuk menikmati hidup sesuai dengan apa yang anda inginkan tanpa perlu memikirkan perihal keterbatasan finansial.

Banyak orang berpikir bahwa hanya ada satu jenis pendapatan saja, namun sebenarnya ada tiga jenis pendapatan. Pertama adalah jenis yang paling kita ketahui, yaitu gaji.

Gaji merupakan pendapatan berkala yang didapat oleh karyawan di setiap jangka waktu tertentu. Setiap dari mereka bekerja secara intensif setiap hari, umumnya dari jam 8 sampai jam 5 sore, dan sebagai imbalannya, mereka dibayar dengan gaji yang cenderung tetap. Mereka harus benar-benar bekerja ekstra keras dalam jangka waktu yang lama jika ingin mendapatkan penghasilan tersebut.

Kedua adalah pendapatan investasi. Pendapatan ini didapat dari hasil anda menanam uang anda dalam aset tertentu atau menyimpan di bank hingga uang anda berkembang. Atau jika anda membeli saham dengan harapan harga saham tersebut akan naik dan keuntungan yang anda dapatkan ketika harga saham benar-benar naik itulah yang disebut pendapatan investasi.

Apakah Perbedaan Pendapatan Berkala dan Pendapatan Investasi?

  1. Pertama dalam hal modal awal. Untuk melakukan investasi anda memerlukan modal awal yang cukup besar. Hal ini berarti sebelum uang masuk ke saku anda, anda harus terlebih dahulu mengeluarkan uang dari saku anda dulu dan uang itu nantinya akan bekerja untuk menghasilkan keuntungan berlipat. Jadi intinya adalah jika pada investasi, uanglah yang bekerja untuk anda, namun sebaliknya andalah yang bekerja untuk uang jika mengharapkan pendapatan dari gaji.
  2. Kedua dalam hal risikonya. Untuk menghasilkan gaji, anda dituntut untuk menghabiskan waktu anda untuk bekerja menghasilkan uang. Sedangkan pada pendapatan investasi, tidak ada yang namanya garansi, jaminan total, atau bebas risiko. Hal ini berarti, jika investasi anda gagal maka modal yang anda keluarkan tidak akan kembali.

Jelas sekali, jenis pendapatan investasi bukanlah untuk kita yang masih muda, yang baru selesai sekolah, dan tidak mempunyai modal awal untuk memulai. Itulah sebabnya kebanyakan dari anak muda lebih memilih menjadi karyawan dengan bekerja rutin, minim risiko dan mendapatkan penghasilan berkala. Beberapa dari mereka pun ada yang merencanakan berinvestasi setelah mengumpulkan modal dari gaji mereka.

Pendapatan Pasif

Dan yang terakhir adalah pendapatan pasif, pendapatan jenis ini sangat jarang dikenal oleh khalayak ramai. Pendapatan ini adalah penghasilan yang anda dapatkan tanpa mempertimbangkan anda bekerja atau tidak. Tentunya maksud saya disini bukanlah anda tidak bekerja sama sekali.

Namun ada harga yang anda harus bayar di awal untuk mencapai kebebasan finansial di waktu yang anda tentukan sendiri, yaitu dengan kerja keras dan ketekunan.

Pada akhirnya nanti, ketika anda benar-benar telah sukses dibidang itu anda tidak perlu memusingkan diri untuk mencari uang, karena uang yang akan datang kepada anda. Pendapatan pasif ini sering didapat dari mereka yang berani untuk membuka bisnis sendiri atau mendalami bisnis yang menjanjikan kebebasan finansial jika anda tekuni.

Salah satunya bisnis Oriflame, bisnis ini menjanjikan anda untuk mendapatkan pendapatan pasif jika anda menekuninya, dengan modal kerja keras dan anda mau bertahan di bisnis ini, penghasilan yang lebih tinggi dari gaji karyawan pun bukan hal yang mustahil untuk anda dapatkan. Binis ini juga hanya bermodal uang pendaftaran saja sebesar 49.900. Tentu sangat memudahkan anda yang tidak mempunyai modal besar.

[wrdstext id=’PutriNuzulil’]

Pilih Mana? Gaji atau Pendapatan Pasif?

Pada kasus pertama, pendapatan gaji, faktanya anda tidak akan pernah bisa berhenti dari pekerjaan anda, karena ketika anda berhenti, pendapatan anda juga akan terhenti. Anda akan selamanya terjebak dalam realita pekerjaan yang menguras waktu seperti karyawan biasa, bekerja dari pagi hingga sore, bahkan malam, begitu seterusnya setiap hari, mengorbankan waktu untuk keluarga anda dan tentunya terlalu membosankan, anda tidak bisa mengekpresikan diri sendiri.

Foto ilustrasi pegawai kantoran yang bingung

Sedangkan jika anda memilih pendapatan pasif, anda tetap harus bekerja keras, namun pada akhirnya anda dapat pensiun muda tanpa merasakan kekhawatiran dalam hal finansial, karena setiap bulan uang akan mengalir secara sendirinya kepada anda.

Silahkan anda baca artikel ini untuk memperkuat keyakinan anda, Pentingnya Kebebasan Finansial Usia Muda

Silahkan anda berpikir, apakah anda lebih memilih bekerja keras untuk mendapatkan gaji atau pendapatan pasif? Kalau mau belajar tentang Oriflame dan peluang mendapatkan pendapatan pasif, klik link dibawah ini atau isi data di form yang ada di sebelah kanan ya 😉

[wrdstext id=’PutriNuzulil’]

Pengunjung datang dengan kata kunci:

kebebasan finansial

Speak Your Mind

*

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.