Kekuatan Konsistensi Berbisnis

Berbibusiness successsnis adalah pilihan pekerjaan yang cukup menjanjikan bagi Snda yang tidak menginginkan gaji dengan jumlah standar. Oleh karena itu, sangat banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada peruntungan berbisnis. Ada yang cepat mencapai kesuksesan, ada yang mengalami masa jatuh dan bangun, ada pula yang tak kunjung meraih puncak kejayaan. Percaya tak percaya, salah satu kekuatan terbesar dalam dunia bisnis adalah kesetiaan pada hal-hal tertentu, atau dengan kata lain, konsistensi.

Konsistensi pada materi yang ditawarkan, pada konsep yang diusung, dan yang terpenting adalah pada kualitas produk. Apabila layanan yang diberikan sesuai dengan harapan pelanggan maka kepuasan dan kesetiaan mereka akan berbalik kepada anda. Namun jika yang terjadi adalah sebaliknya, maka pelanggan dapat pergi sewaktu-waktu dan tidak berminat lagi untuk kembali.

Satu yang cukup berbahaya adalah rasa puas yang tidak dikendalikan dengan baik. Rasa puas dapat membuat manusia merasa cukup, dampaknya adalah penurunan kualitas kerja. Tentu penurunan tersebut akan berdampak pada omset usaha anda nantinya. Pencapaian yang telah diraih sebaiknya diimbangi dengan meningkatkan target sebagai pemacu kinerja. Prestasi bisa dengan cepat meningkat dan bisa jadi penghasilanpun ikut meningkat.

Oleh karena itu, konsistensi sangatlah penting bagi kelangsungan bisnis yang sedang dibangun atau yang sedang dipertahankan.

Antara lain konsistensi dalam menawarkan value proposition, yaitu kualitas terbaik dengan harga terjangkau. Di samping disiplin dalam menjalankan good business practice dalam pengertian memiliki komitmen yang tinggi terhadap pemenuhan janji.

Contoh-contoh konsistensi yang nyata adalah bagaimana sebuah restauran konsisten dengan cita rasa masakannya, tidak mengurangi bahan makanan meski harga pakan sedang naik. Lalu bagaimana sebuah penyedia jasa travel tetap konsisten dengan fasilitas perjalanan yang disediakan, tepat waktu dalam pelayanan, tidak menurunkan kualitas kendaraan dan penginapan. Jika harga modal naik, maka cari solusi terbaik yang tidak berimbas langsung pada pelayanan terhadap pelanggan. Kalaupun solusi tidak ditemukan, menaikkan harga lebih baik dibanding menurunkan kualitas produk dengan serta-merta.

Hambatan dalam berbisnis akan datang bagai aliran sungai. Sangat sering dan hampir sepanjang tahun. Namun hambatan akan terasa berkurang saat berada pada masa jaya. Memang ada masa disaat bisnis mengalami permasalahan yang berat, seperti stok bahan yang menipis, produk banyak yang utuh dan terbuang, pada akhirnya tidak balik modal. Kendala-kendala demikian sering dialami oleh banyak pengusaha pemula. Tetapi banyak dari mereka yang tidak lantas menyerah. Mereka tetap konsisten untuk mempersembahkan pelayanan dan produk dengan maksimal. Jadilah pengusaha yang pandai menjaga kepercayaan pelanggan. Karena kepercayaan sangatlah mahal.

About Lila Sjarief

Mantan pekerja kantoran yang memilih untuk serius menjalankan bisnis Oriflame karena hasil yang didapat melebihi gaji ngantor. Selain itu bisnis Oriflame fleksibel, bisa dikerjakan kapan saja dan dimana saja. Dan yang paling penting bisa dikerjakan secara online, apalagi sebagai member d’BC Network mendapatkan fasilitas online yang super lengkap!

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.