Wawancara Yodhia Antariksa, Konsultan HR dan Manajemen

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, berikut adalah wawancara dengan Yodhia Antariksa, founder dari blog, StrategiManajemen.net, CEO dari PT Manajemen Kinerja dan owner dari Raja Presentasi. Pada wawancara ini, Mas Yodhia menceritakan mengenai bagaimana kisahnya menjalankan bisnis online yang cukup unik, yaitu berjualan presentasi berkualitas di RajaPresentasi.com.

Jujur, saya senang sekali ketika Mas Yodhia bersedia diawawancara, karena beliau adalah salah satu role model pebisnis online yang patut ditiru oleh masyarakat Indonesia: cerdas dan berkelas. Terlihat sekali dari cara beliau membangun brand untuk situs-situs yang digarapnya, plus implementasi personal branding untuk mendukung bisnis-bisnis yang dikelolanya juga sangat profesional dan elegan. Oh ya, Mas Yodhia sendiri sudah mengisi kuesioner minat yang ada di web Entrepreneur Rumahan, dan minat yang menonjol dalam diri Mas Yodhia adalah Entreprising (baca mengenai tipe Enterprising di sini). Cocok sekali dengan karir beliau yaitu menjadi seorang Entrepreneur Rumahan. Untuk yang memiliki minat Enterprising dan memiliki skill yang mendukung, bisa dipertimbangkan untuk mengikuti jejak Mas Yodhia :)

Oke langsung aja kita simak wawancara dengan Mas Yodhia ya.

Mas Yodhia, bisa tolong diceritakan perjalanan dari awalnya bekerja  kantoran hingga akhirnya memutuskan membuka bisnis online dari rumah?

Bisnis online yang saya lakukan dari rumah adalah jualan presentasi (http://rajapresentasi.com) secara online.  Saya resign lantara jam kantor tidak fleksibel….jarak ke kantor yang jauh dan macet….stress di jalan…jadi saya membayangkan akan jauh lebih produkif dan happy jika kita bisa set kerja sendiri dari rumah. Nah yang paling mungkin untuk hal ini, ya buka bisnis secara online.

Makanya kemudian saya resign dan jualan materi presentasi secara online. Lumayan laku juga. Saya sedia materi presentasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Yang edisi internasional sudah dibeli oleh manajer dari lebih 100 negara. Ekspor pengetahuan ke pasar global melalui internet !!

Bisa diceritakan bagaimana typical work day Mas Yodhia?  Supaya para calon entrepreneur Rumahan bisa membayangkan bagaimana sih rasanya bekerja dari rumah dengan membuka web jualan presentasi secara online seperti Mas Yodhia :)

Jam 8 pagi saya sudah siap di depan laptop. Cek email untuk melihat siapa saja yang melakukan order pembelian. Segera saya proses order pembelian itu. Untuk yang edisi Indonesia, proses masih manual melalui ATM dan email bahan presentasi. Untuk yang edisi Inggris, sudah otomatis, semua dikelola oleh Paypal (auto pilot begitu…..jadi kita tinggal cek ke akun Paypal berapa dollar yang sudah masuk hari itu….suka amazing sendiri melihat layanan Paypal ini yang serba otomatis ini …..).

Setelah cek ordering, lalu cek statistik web saya…..ini penting supaya saya tahu jumlah trafik, dari mana saja sumber trafik. Dalam bisnis online ada 3 hal maha penting yakni : trafik, trafik dan trafik. Mengundang trafik pengunjung adalah KUNCI, selain tentu mutu barang yang kita jual.

Setelah cek statistik, saya lalu update isi blog, melakukan browsing, cari cara untuk terus meningkatkan trafik, blogging, dll. Saya melakukan ini sd jam 4 sore (diselingi istirahat makan siang dan shalat). Jadi meski kerja dari rumah, saya tetap di depan laptop dari jam 8 sd jam 4 sore. Non stop. Tapi enjoy saja….karena ini bisnis sendiri…dan karena di rumah sendiri…..jadi ndak mikir kena macet…dan setiap saat bisa leyeh-leyeh ke kamar tidur kalau capek……

Apa sih enaknya menjalani bisnis dari rumah?

Ya enak banget……ndak kena macet….waktu fleksible….waktu untuk anak jadi lebih banyak…..tenaga tetap fresh karena ndak pernah kena stress macet……sore-sore masih bisa olahraga……makan siang tetap di rumah, jadi irit…..Saya sungguh menikmati setiap menit proses kerja online dari rumah. Mungkin juga karena saya punya passion yang kuat dengan bisnis on line.

Hambatan apa saja yang dihadapi saat menjalani bisnis dari rumah? Dari  pengalaman Mas Yodhia bagaimana cara menghadapinya?

Ndak ada ya….karena memang bisnis saya online….jadi sepanjang konesi internet kuat, maka ndak ada masalah……Cuma harus disiplin diri saja…..spt saya terangkan diatas, saya meski di rumah tetap di depan laptop dari pagi sampe sore…..jadi ada juga semacam rincian tugas yang saya lakukan setiap hari…..

 Terakhir, boleh tolong berikan tips untuk pembaca Entrepreneur Rumahan supaya sukses seperti Mas Yodhia :)

Ada banyak jenis bisnis yang bisa dijalankan dari rumah. Salah satu yang menurut saya paling mungkin dilakukan adalah dengan membuka bisnis online, seperti yang saya lakukan. Bahkan jualan saya adalah “informasi” berupa file presentasi (jadi bukan jualan barang fisik), dan ini amat mudah dan efisien dilakukan via internet (barang non fisik berupa informasi itu mudah ditransfer via online).

Supaya sukses, kuncinya ada dua : mutu produk yang dijual. Jualan presentasi saya isinya memang lumayan baguslah….banyak testimoni yang puas dengan poduk presentasi itu.  Dan persaingan dalam bidang ini rasanya tidak seketat kalau misalnya jualan kaso atau baju. 

Kunci kedua yang amat penting, ya itu tadi : bagaimana agar pengunjung web kita bisa meningkat terus. Saya punya target agar minimal setiap web yang saya punya bisa dikunjungi sekitar 2000 visitor per hari.

Untuk yang web lokal, sudah bisa….karena mungkin juga persaingan tidak seketat di pasar global. Web yang bahasa Inggris, jauh lebih susah mendatangkan pengunjung karena web yang berbahasa Inggris jumlahnya mungkin  ratusan atau bahkan ribuan kali lipat dibanding web berbahasa Indonesia.

Saya setiap hari selalu berpikir keras dan melakukan beragam aktivitas untuk mendatangkan trafik ini. Amat melelahkan, namun saya jalani dengan asyik saja…..Memang kadang bikin frustasi jika tarfik web kita stagnan….seperti ndak ada kemajuan…..suka mau menyerah…..namun ya harus ada self motivation agar keep fighting……

Salah satu stimulan yang kuat sih, karena saya punya goal untuk menghasilkan income bulanan sebesar Rp 100 juta per bulan dari bisnis online saya, dalam waktu tiga tahun ke depan. Supaya saya bisa nabung dan jalan-jalan keliling dunia. Ini yang membuat saya semangat tiap pagi. Impian untuk bisa menjelajah 100 negara di dunia dengan uang tabungan sendiri. 

Tentu juga nabung untuk pendidikan anak-anak saya di masa depan.  Juga nabung untuk mendirikan perpustaan gratis di kampung kelahiran saya di desa Pekajangan, Pekalongan.

Impian jalan-jalan keliling dunia, membiaya pendidikan anak-anak, dan membangun perspustakaan gratis, ini tiga hal yang membuat saya tidak mau menyerah…..yang membuat saya terus berjibaku membangun bisnis online saya.

Pada sisi lain, saya punya passion kuat dengan bisnis online ini……I really love this online business……Adrenalin saya selalu menyala if I am doing this online business.

Nah bisa kita lihat bagaimana cara Mas Yodhia Antariksa mendapatkan uang dari rumah dengan berjualan presentasi. Dan setahu saya nih, Mas Yodhia kerjanya tidak cuma jualan presentasi aja, tapi beliau punya banyak lini bisnis yang sesuai dengan minatnya di bidang HR dan manajemen, termasuk mendirikan konsultan manajemen. Dan yang paling penting, beliau bahagia dengan kehidupannya sekarang di mana kualitas hidupnya jauh lebih baik dengan menjadi seorang entrepeneur yang bekerja dari rumah: Mendapatkan kebebasan waktu dan tetap mendapatkan penghasilan cukup untuk hidup layak.

Di artikel selanjutnya, saya akan mewawancarai Miriam Meutiara, seorang Ibu Rumah Tangga dengan tiga anak yang mendapatkan penghasilan Puluhan Juta per bulan dari MLM Oriflame yang dijalankan secara Online bersama grup dBC Network. Penasaran? Terus pantau blog Entrepreneur Rumahan ya 😉

Pengunjung datang dengan kata kunci:

yodhia antariksa,yodia antariksa,yodiantarista

Comments

  1. Wah, wawancara ini sudah hampir 3 tahun lalu ya……

    Sampai hari ini masih terus semangat mengelola bisnis online yang saya jalankan.

    Ada di http://www.RajaPresentasi.com – hehehehe.

    Keep doing our best. Salam sukses penuh keberkahan.

Trackbacks

  1. […] Mimi, Mmbak Mimi memiliki minat Enterprising (paling dominan), Social dan Conventional. Seperti Mas Yodhia Antariksa yang sama-sama merupakan seorang Online Enterpreneur, Mbak Mimi memiliki tipe dominan Enterprising […]

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.